Cara Memilih Pasir yang Baik untuk Beton yang Sebaiknya Anda Ketahui

Pembangunan baik secara individu maupun publik kerap dilakukan agar tampilan dari bangunan bisa lebih baik. Terkadang diperlukan juga pembangunan cor beton, terutama pada fasilitas publik dan bangunan lain agar bangunan lebih kokoh dan berkualitas.

Pada dasarnya hampir semua jenis pasir dapat dipakai untuk pengecoran beton karena jenis pasir apapun ketika dicampur dengan semen, splir dan air tentu akan mengeras. Namun tetap saja ada pasir yang bisa menghasilkan beton kokoh dan tidak sehingga Anda juga perlu tahu cara memilih pasir yang baik untuk beton.


Cara Memilih Pasir yang Baik untuk Beton yang Sebaiknya Anda Ketahui

Perlu diketahui, meski semua pasir bisa dipergunakan dalam pengecoran tetapi ada beberapa kandungan dalam pasir yang nantinya bisa mempengaruhi mutu serta kekuatan dari cor beton tersebut, misalnya saja jika ada kandungan lumpur dan garam terlalu tinggi, maka hasil dari cor tersebut akan lebih cepat kropos dan melepuh. 

Untuk meminimalisir hal ini di kemudian hari, maka Anda tentu harus tahu cara memilih pasir yang baik untuk beton sehingga kuat dalam jangka panjangnya.


Berikut ini beberapa jenis pasir yang cocok untuk pengecoran beton:

1.    Pasir putih Bangka kasar

Yang pertama ada pasir cor putih Bangka yang kasar. Selain karena pasir ini memang berkualitas, pasir Bangka kasar ini juga akan sangat keras ketika sudah membeku sehingga akan sulit dipaku bahkan jika dipaku dengan paku beton sekalipun. 

Tak heran jika jenis pasir ini sangat mahal di pasaran. Pasir putih Bangka ini jarang sekali dipakai kecuali untuk mereka yang memang ingin kualitas cornya maksimal dan hanya dipakai untuk bangunan tertentu saja.


2.    Pasir Galunggung Tasikmalaya

Selanjutnya ada pasir Galunggung Tasikmalaya yang juga merupakan pasir terbaik untuk keperluan cor beton lantaran bebas dari unsur lumpur serta garam. Warna dari pasir ini hitam dan kemerahan dengan sifatnya yang keras dan kasar sehingga membuat jenis ini kerap dipakai dalam pengecoran untuk tiang pancang hingga bendungan. 

Meski begitu, jenis pasir ini memang sulit didapatkan kecuali jika pesanan dalam jumlah besar atau mampu membayar ongkir yang tinggi.

3.    Pasir Pontianak

Jenis selanjutnya adalah pasir Pontianak yang memiliki warna putih kemerahan dan hitam. Adanya unsur lumpur dan garam di dalamnya yang berjumlah sedikit menjadikan jenis pasir ini kerap dipakai dalam plant Ready Mix.

4.    Pasir hitam beton atau pasir sedot

Jenis pasir ini banyak direkomendasikan jika Anda ingin pasir cor bagus dengan harga yang masih terjangkau untuk kantong. Mengingat penambangan dari pasir ini disedot dan kemudian dicuci, maka bisa dipastikan jika pasir ini akan bebas dari garam dan lumpur sehingga baik untuk pengecoran beton.

5.    Pasir Cimangkok Sukabumi

Pasir lainnya yang memiliki karakter fisik kasar dan keras ketika digenggam dan bisa dipakai untuk pengecoran adalah pasir Cimangkok Sukabumi ini. Dengan kandungan lumpur yang ada di bawah 7%, menjadikannya lebih irit semen ketika dipakai dalam keperluan pengecoran beton.

Itulah beberapa jenis pasir yang direkomendasikan untuk cor beton. Cara memilih pasir yang baik untuk beton yang termudah adalah dengan melihat sifat umum dari pasir tersebut yaitu hitam pekat, hitam kemerahan, kasar, putih dan terasa agak keras ketika diremas. Namun untuk lebih baik, Anda bisa minta rekomendasi dari toko pasir atau tukang yang akan membuat bangunan Anda.


Hasil Pencarian :

jenis pasir yang bagus untuk bangunan, cara mengetahui kualitas pasir, jenis pasir untuk plester dinding, jenis jenis pasir dan fungsinya, warna pasir yang bagus, pasir yang bagus untuk plester dinding, pasir pasang yang bagus, pasir cor.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Supplier Pasir Kediri

Mengenal Beberapa Jenis Pasir yang Bagus untuk Plesteran

Tips Mengetahui Kualitas Pasir yang Baik dan Bagus untuk Bangunan