Mengenal Beberapa Jenis Pasir yang Bagus untuk Plesteran

Membangun atau merenovasi rumah dan bangunan apapun tentu saja harus memakai bahan material yang berkualitas sehingga hasil dari bangunan tersebut nantinya bisa kuat dan kokoh. Namun untuk bisa memilih bahan material yang tepat tentu bukan hal yang mudah, terutama dalam pemilihan pasir mengingat banyak sekali jenis pasir yang ada untuk pembangunan.

Salah satu hal penting dalam pembangunan rumah atau gedung adalah plesteran yang merupakan lapisan untuk menutup pasangan dinding. Itulah mengapa pemilihan pasir yang bagus untuk plesteran harus tepat.

Mengenal Beberapa Jenis Pasir yang Bagus untuk Plesteran

Plesteran merupakan lapisan yang diaplikasikan guna menutup dinding agar bisa terlihat bersih dan rapi. Plesteran ini pun dilakukan supaya dinding terlihat lebih indah sehingga nantinya bisa diakhiri dengan pemakaian cat dinding. Fungsi lain dari plesteran adalah untuk melindungi dinding ketika di sengat cuaca mulai dari sengatan matahari hingga tumpahan air saat hujan tiba.

Dengan dilakukan plesteran, maka dinding pun lebih kokoh dan kuat. Itulah mengapa plester dinding harus dilakukan.

Jika Anda bingung ketika memilih jenis pasir untuk dipakai keperluan plester dinding, maka berikut ini jenis pasir yang bagus untuk plesteran, yaitu:

1.    Pasir putih Bangka

Jenis pasir yang tepat untuk plesteran yang pertama adalah pasir putih Bangka. Pasir jenis ini memang berasal dari pulau Bangka dengan tekstur yang lembut dan warna putih bersih. Jenis pasir ini adalah jenis yang paling banyak direkomendasikan digunakan untuk plester dinding gedung, rumah dan lainnya. Selain lantaran tekstur lembutnya, pasir ini juga sangat mudah untuk diaplikasikan, tidak perlu diayak dan tidak boros dalam penggunaan semen.


2.    Pasir putih Lampung

Selanjutnya ada juga jenis pasir Lampung yang juga baik ketika dipakai dalam pengaplikasian plesteran dinding sebagai alternatif selanjutnya jika anggaran Anda ingin lebih terjangkau. Meski memang pasir ini tidak seputih pasir Bangka, tetapi pasir ini merupakan pasir yang banyak diminati karena teksturnya yang lembut namun dengan harga yang lebih terjangkau. Selain tersedia warna yang kekuningan, pasir Lampung ini juga tersedia dalam warna coklat.


3.    Pasir putih Rangkas

Jenis pasir yang ketiga ini merupakan jenis pasir yang berasal dari daerah Rangkas Bitung, Banten. Ciri dari pasir ini berwarna putih yang agak keabuan dengan tekstur yang cukup lembut sehingga sangat tepat dipakai untuk plester di tembok rumah. Namun kekurangan dari pemilihan pasir ini adalah perlu diayak terlebih dulu sehingga pengaplikasiannya lebih halus.


4.    Pasir coklat Belitung

Ada juga pasir coklat dari Belitung yang juga banyak direkomendasikan karena harganya yang terjangkau. Meski memang warnanya agak kecoklatan, namun ada kelebihan dari jenis pasir ini yaitu tidak perlu diayak karena sudah cukup halus sehingga akan menghemat tenaga.


5.    Pasir mundu

Jenis pasir terakhir adalah jenis pasir mundu yang banyak dijual di toko-toko di pasaran dan mudah ditemui. Warna dari pasir ini agak kecoklatan dan kehitaman dengan tekstur agak kasar sehingga butuh diayak terlebih dulu sebelum dibuat adonan. Karena harganya yang sangat murah, pasir ini lebih banyak dipergunakan masyarakat secara umum.

Itulah beberapa jenis pasir yang bagus untuk plesteran. Pastikan memilih jenis pasir yang tepat karena setiap jenis pasir memiliki manfaat dan fungsi masing-masing untuk pembangunan yang lebih maksimal. Bila perlu, Anda bisa meminta rekomendasi dari penjual pasir sehingga bisa memilih yang tepat.


Hasil Pencarian :

jenis pasir yang bagus untuk bangunan, harga pasir mundu, harga pasir untuk plesteran, pasir yang bagus untuk plester dinding, kualitas pasir yang bagus, jenis jenis pasir dan fungsinya, pasir beton, definisi pasir

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Supplier Pasir Kediri

Tips Mengetahui Kualitas Pasir yang Baik dan Bagus untuk Bangunan